Senin, 25 Mei 2015

KURRU' SUMANGE'

"KURRU' SUMANGE'", kata ini merupakan kata Bahasa Bugis, Toraja, Mandar, Makassar dan suku lainnya di Sulawesi Selatan. Kata ini familiar dalam khasanah budaya masyarakat di daerah ini. Menurut Guru Saya" M.Alwy Rachman, arti kata ini adalah BANGKITLAH WAHAI SANG JIWA. Beliau menyampaikan ini kepada saya dan para hadirin, pada sebuah kuliah umum (seminar) yang dilaksanakan Fakultas Psikologi UNHAS tahun 2014 lalu.Pada saat itu, beliau dan guru saya lainnya Arlina Gunarya, menganugrahi saya kepercayaan untuk berbicara dalam seminar tersebut bersama beberapa narasumber lainnya.Kata ini kemudian saya selalu verbalkan sebagai ekspresi penghormatan saya yang tinggi. Meski demikian, tentulah ada perbedaan dialek seperti" kurre' sumanga' di Toraja dan lain-lain. KURRU' SUMANGE', para Guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar